Semantic Network Pada Materi Kimia (Asam Basa)
Semantic Network Pada Materi Kimia (Asam Basa)
Pengertian Semantik Secara etimologis, arti semantik
berasal dari kata Yunani sema yang merupakan kata benda yang berarti 'tanda'
atau 'simbol' dan samaino (kata kerja) yang memiliki arti "tanda"
atau "melambangkan". Sedangkan istilah semantik dalam terminologi
adalah studi tentang simbol atau tanda yang mengungkapkan makna, hubungan makna
satu sama lain, dan hubungan antara kata-kata dengan konsep atau makna kata.
Semantic network adalah reprentasi yang mengekspresikan solusi permasalahan dengan menggunakan network (graph berarah).Didalamnya digunakan node (simpul) untuk mereprentasikan suatu kondisi dan arc (link) untuk merepresentasikan relasi antar simpul.
- Lexically, didalamnya terdapat node (simpul), link dan batasan-batasan khusus dari permasalahan.
- Structurally, masing-masing link akan terkoneksi dari simpul yang paling depan (head node) sampai simpul yang paling belakang (tail node)
- Semantically, semua simpul dan link merepresentasikan permasalahan tetap berada dalam batasannya
Berikut merupakan jaringan semantik dari materi asam dan basa
Berdasarkan pengembangan teknologi tersebut. menurut pendapatmu seberapa efektifkah inovasi yg saya buat untuk pembelajaran kimia pada materi asam basa tersebut? apa saja yang perlu ditambahkan dalam melengkapi pembelajaran kimia? berilah masukan terhadap perkembangan teknologi buatan dan ssemantik untuk kemajuan pembelajaran kimia?
terimakasih
Menurut saya, efektif jika diterapkan dalam proses pembelajaran karna siswa akan lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran sehingga pembelajaran pun tidak monoton, namun apakah sekiranya semantic network diatas dapat diterapkan di yang sebenarnya?
ReplyDeleteMnrt saya dapat diterapkan, karena pengetahuan TI semakin lama semakin maju jadi tidak kenutuo kemingkinan pengembangan pengetahuan kedepan menjadi seperti yg saya sajikan
Deletesaya sependapat dengan saudari tri tentang penerapan dari sumatic network ini, yaitu "pengetahuan TI semakin lama semakin maju jadi tidak kenutuo kemungkinan pengembangan pengetahuan kedepan menjadi seperti yg saudari sajikan, tetapi dari desain yang saudari buat bagaimana interaksi antara siswanya? kemungkinan ini yang akan menjadi kurang karna TI yang terus berkembang.
Deletemenanggapi peryanyaan kaka tri tentang seberapa efektifkah inovasi yg saya buat untuk pembelajaran kimia pada materi asam basa, menurut saya cukup efektif mungkin dapat dikatakan sangat karena pembelajaran yang dilaksanakan dengan metode praktikum dapat berlangsung lebih menarik dan tidak monoton. selain itu siswa dapat tetap melakukan praktikum asam dan basa ini dengan menggunakan bahan-bahan yang tergolong cukup berbahaya seperti HCl pekat atau H2SO4 pekat.
ReplyDeletesependapat dengan fira tentang seberapa efektifkah inovasi yg dibuat untuk pembelajaran kimia pada materi asam basa, menurut saya cukup efektif mungkin dapat dikatakan sangat karena pembelajaran yang dilaksanakan dengan metode praktikum dapat berlangsung lebih menarik dan tidak monoton. selain itu siswa dapat tetap melakukan praktikum asam dan basa ini dengan menggunakan bahan-bahan yang tergolong cukup berbahaya seperti HCl pekat atau asam sulfat pekat tentunya dengan berhati-hati dan dengan pemahaman prosedur yang baik
Deletemenurut saya cukup efektif, tetapi media seperti ini membutuhkan ruang yg cukup luas untuk menampilkan hologram seperti diatas, dan tentunya biaya yang cukup mahal untuk membeli kacamata dan perlengkapan lainnya. interaksi antar kelompok juga semakin kecil, karena siswa memiliki kacamatanya masing".
ReplyDeleteuntuk tempat tidak perlu yang luas karena hidupnya berasal dari listrik. untuk biaya kita tidak dapat dipungkiri tapi tanya kita sadari hal tersebut akan menjadi suatu kebutuhan contoh laptop dulu merupakan barang meah tp sekarang hal tersebut menjadi hal yang biasa dan menjai suatu kebutuhan
Deletemenurut saya semantic networking yang dibuat tri sudah cukup bagus dan bisa mewakili "kekinian" yang nantinya akan sangat dibutuhkan yakkni menggunakan pembelajaran berbasis hologram, namun akan lebih baik jika dalam semantic networknya juga diselipkan unsur kolaboratif serta sosial budaya sehingga pembelajaran dimasa depan tidak terkesan hanya belajar individual /mandiri karena pada dasarnyadalam proses pembelajaran konsep utama yakni berbagi pengetahuan antara 1 individu dengan individu lain
ReplyDeletebenar sekali, saya sependapat dengan saudara rini. Dimana pada semantic networknya juga disisipkan sosial dan keagamaan sehingga pembelajaran dimasa depan tidak terkesan hanya pembelajaran secara belajar individual /mandiri karena pada dasarnya dalam proses pembelajaran konsep utama yakni berbagi pengetahuan antara 1 individu dengan individu lain. Dan hal yang paling penting adalah bahwa aspek sosial dan keagamaan merupakan aspek afektif yang penting dalam proses penilaian.
DeleteSaya setuju dengan pendapat sebelumnya, dari segi pembelajaran yang dapat membangkitkan minat serta pemahaman, yang dirancang tri sudah baik namun lebih baik ditambahkan unsur kolaboratif agar terciptanya tujuan pembelajaran abad 21 seperti Kolaboratif dan Komunikatif
ReplyDeleteSaya setuju dgn pendapat di atas
ReplyDeleteYg di buat saudari tri sudah termasuk dalam inovasi pengembangan desain pembelajaran, jika di masukkan unsur kolaboratif akan lebih baik agar pembelajaran lebih komunikatif dan juga pambelajaran dalam bentuk hologram ini lebih kekinian dan bisa jadi inovatif sekali karena seperti yg kita tahu, di indonesia pun blm ada yg menerapkan ini , karena mungkin dari faktor biaya yg mahal jadi tdk semua sekolah mampu menyediakan fasilitas ini,
Saya akan menjawab pertanyaan tri, efektifkah inovasi yang saya buat untuk pembelajaran kimia pada materi asam basa tersebut ?Menurut pendapat saya cukup efektif karena pada materi asam dan basa dibutuhkan suatu pratikum agar siswa dapat secara langsung mengetahui mana yang dalam keadaan asam dan mana yang dalam keadaan basa.
ReplyDeleteuntuk masa depan mungkin efektif digunakan. karena dengan bantuan media ini bisa memvisualisasikan hal-hal yang bersifat abstrak. sangat membantu. namun dalam penggunan secara umum membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
ReplyDeleteMenurut saya cukup efektif. Karena ini sudah mampu menerapkan pembelajaran masa kini dan masa depan nanti. Yaitu dunia robotic dimana apa hal yg abstrak menjadi nyata.
ReplyDeleteMenanggapi permsalahan saudari tri inovasi pembelajaran santic network yang telah dirancang sudah sangat baik menurut saya karna menggambarkan pembelajaran abad 21 yang nantinya akan sangat maju dalam hal teknologi, semuanya bisa dalam satu sentuhan android atau AI lainnya. Hanya saja saya masih bingung dari proses penilaiannya, dari halnya penggunaan data tersebut, bukankah sulit untuk menilai satu persatu siswa, ataukah sudah terekam dengan data dengan skala penilaian yang ada? Dan bagaimana juga dengan nilai iinteraksi dan sosial siswa jika sudah sibuk sendiri, dimana aeperti gambaran yg anda berikan siswa bekerja mandiri saja
ReplyDeletemenurut saya santic network yang telah dirancang oleh tri sangat bagat untuk memotivasi siswa untuk belajar. walaupun banyak sekali kendala yang akan dihadapi mulai dari desain media dan dana yang kurang. namun santic network yang telah dirancang ini dapat juga membuat pengetahuan bertahan lama dalam pikiran siswa.
ReplyDelete